Rabu, 13 Oktober 2010

Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Program Visual Basic

Perpustakaan adalah suatu ruang terdapat buku-buku yang disusun berdasarkan sistem tertentu untuk digunakan sebagai media mencari ilmu dan wawasan setiap orang. Seiring dengan bertambahnya waktu maka ilmu pengetahuan juga berkembang dengan pesat sehingga inventaris buku pada perpustakaan juga akan semakin bertambah, begitu pula dengan anggota perpustakaan yang secara linier juga akan bertambah. Maka diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menampung dan mengakses semua data-data tersebut secara cepat dan tepat.
Sebagai solusinya, data-data tersebut dibuat komputerisasi dengan menggunakan sistem informasi perpustakaan yang data-datanya dapat dimasukkan ke dalam database sehingga memudahkan pengguna perpustakaan dalam mencari informasi buku yang diinginkan dan pendataan buku-buku yang dilakukan semuanya dengan komputerisasi.
Tujuan digunakannya sistem informasi perpustakaan adalah sebagai berikut:
1.      Mempermudah pendataan buku yang terdapat di dalam perpustakaan
2.      Mempermudah pengguna perpustakaan mencari buku yang diinginkan secara cepat dan tepat
3.      Mempermudah pendataan buku yang masuk dan keluar dari perpustakaan
I.2. RUANG LINGKUP
Sistem informasi perpustakaan kota X digunakan untuk mempermudah segala aktifitas yang dilakukan di dalam perpustakaan. Dengan adanya sistem ini diharapkan segala data maupun aktifitas dapat tercatat dengan jalas dan rapi sehingga memudahkan penggunanya.
Sistem ini akan dilaksanakan secara offline sehingga data yang terdapat pada sistem ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang saat itu berada di dalam perpustakaan. Sistem ini akan aktif pada jam masuk kerja (pukul 07.30-16.00 WIB) kecuali pada istirahat siang (pukul 12.00-13.00 WIB) sistem informasi perspustakaan akan di-non aktif–kan. Untuk data-data buku yang masuk dan keluar akan di-input oleh bagian kepegawaian perpustakaan.
nah Jika anda ingin Souce code nya silahkan Download di sini aja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar