Selasa, 05 Oktober 2010

Sistem Informasi Penggajian Dengan Menggunakan Program Visual Basic 6.0

ABSTRAK
            Dengan adanya era globalisasi sekarang ini, maka dengan munculnya teknologi yang semakin canggih telah menuntut setiap instansi untuk selalu melakukan tindakan yang mengarah pada suatu perbaikan sistem informasi manajeman. Mengingat sistem penggajian pada PT.X saat ini masih manual dan belum adanya laporan gaji yang tersistem, sehingga seringkali terjadi kesalahan data, lamanya waktu pengerjaan yang menyebabkan ketidakakuratan data laporan gaji maupun slip gaji.
            Untuk itu penulis mencoba mengembangkan teknologi komputer ke dalam suatu aplikasi program Visual Basic 6.0 untuk mengkaji sistem informasi penggajian yang ada pada PT.X. Mengingat bahasa pemograman Visual Basic 6.0 memberikan berbagai kemudahan dalam mengelola sebuah database.
            Hal pertama yang penulis lakukan dalam mengkaji sistem informasi penggajian pada PT.X adalah dengan melakukan analisa sistem yang selanjutnya dilanjutkan dengan membuat suatu rancangan sistem database.
            Rancangan database yang penulis usulkan dimulai dari input data karyawan seperti biodata karyawan, besarnya tunjangan jabatan, tunjangan level/golongan, masa kerja, gaji pokok, total lembur dan potongan simpanan wajib yang diolah menjadi gaji karyawan sehingga menghasilkan hasil akhir berupa slip gaji dan laporan gaji.
            Jika ditinjau dari sistem informasi penggajian yang berjalan, sistem informasi penggajian yang diusulkan mempunyai banyak keunggulan seperti laporan gaji dan slip gaji dijamin keakuratan datanya, pengerjaannya tidak membutuhkan waktu yang terlalu cukup lama, serta dapat menunjang keefektifan kinerja payroll dalam membantu meningkatkan produktivitas perusahaan.
nah Bagi rekan rekan yang menginginkan program ini silahkan Download aja disini ya..
dan jika ingin komplit dari bab 1 - 5 silahkan email aja ke jaenalnurohman@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar